Pages

MENYIMPAN SUSU YANG BAIK DAN BENAR


via lifestyle.okezone.com

Empat sehat lima sempurna, begitu sedari dulu kita diajarkan untuk bisa mengkonsumsi makanan dan minuman di tiap hari. Nasi, lauk, sayur, buah adalah penyusun dari empat sehat tersebut, sedangkan yang kelima adalah susu, sebagai penyempurnanya. Kali ini, bahasan kita bukan mengenai nasi, lauk, sayur, maupun buah, melainkan susu.

Susu pada saat ini sudah menjadi salah satu minuman yang digemari, terutama dari kawula muda. Mulai dari susu yang murni sampai ke berbagai olahannya pun kini menjadi kesukaan publik. Alasannya sederhana saja, karena pada susu terkandung gizi tinggi dan mudah disatukan dengan panganan lainnya.


Tapi taukah kita, bahwa sebenarnya susu tidak punya zat anti bakteri yang membuatnya mudah terserang jamur atau bakteri, alhasil susu menjadi basi. Hal itu juga terjadi pada berbagai produk olahan susu lainnya, semisal es krim, keju, dan sebagainya.

Untuk itu, ada tips bagi anda yang gemar mengkonsumsi susu maupun produk olahannya namun ingin tetap bertahan lama serta aman dikonsumsi. Mari simak bersama cara penyimpanan susu dan berbagai olahannya berikut ini.

Simpan susu pada suhu 1 - 4 derajat celcius

via entrepreneur.bisnis.com

Sudah tentu susu akan lebih awet bila kita pandai menempatkannya. Tempatkan lah susu pada suhu 1 - 4 derajat celcius. Dimana kita bisa menemukan  suhu tersebut? Salah satunya di kulkas. Untuk penempatan susu di kulkas pun perlu diperhatikan baik-baik. Taruh susu di tengah-tengah kulkas, supaya susu tetap dalam suhu yang stabil dan memadai. Lantas kenapa tak disarankan untuk menyimpannya di bagian pintu kulkas? Menyimpan susu di pintu kulkas dikhawatirkan menjadikan susu cepat basi karena suhu di bagian pintu kulkas cepat berubah.


Susu yang telah dibuka

via nutrisimakanansehatalami.blogspot.com

"Segera habiskan setelah kemasan dibuka", adalah hal yang umum bila kita melihat tulisan tersebut tertera pada susu kemasan. Alasannya adalah susu yang sudah terbuka lebih mudah terkontaminasi bekteri, jadi cepat basi. Sekadar informasi, susu yang telah dibuka wajib digunakan maksimal hanya satu hari saja, sekalipun kita telah menaruhnya di kulkas. Jadi jika kita ingin menyimpannya dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya pindahkan susu dalam kemasan tersebut ke dalam botol kaca atau plastik.

Susu bubuk

via katakamu.com

Penyimpanan untuk susu bubuk juga beda lagi penanganannya. Simpanlah susu bubuk dalam wadah yang tertutup dengan rapat. Cukupkah itu? Belum, kita harus meletakannya dalam suhu 10 - 15 derajat celcius suapaya awet.

Susu kental manis

via katakamu.com

Mungkin bisa disebut sebagai susu yang praktis. Susu kental manis yang dalam kaleng, umumnya bisa bertahan di suhu ruangan hingga satu tahun lamanya. Akan tetapi, hal itu bisa berubah bila kita telah membukanya, maka keawetannya menurun hingga hanya 8 - 20 hari saja.

Es krim

via www.kompasiana.com

Kali ini adalah produk olahan susu, yaitu es krim. Adalah makanan yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, karena punya banyak rasa dan bentuk. Tapi kita perlu tahu, bahwa es krim dalam kemasan hanya bertahan dua bulan saja. Selebihnya, jangan mengharapkan es krim yang nikmat lagi, karena kualitas rasa serta kelembutan dari si es krim itu akan berkurang.


Jadi, sudah sedikit tahu mengenai penyimpanan susu dan berbagai olahannya yang baik dan benar, kan? Setidaknya kita bisa lebih paham lagi dan mengurangi rasa kebingungan kita apakah masih bisa dikonsumsi atau tidak. Akhir kata, sudahkah kita minum susu hari ini? Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Fariz

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

1 komentar: