Pages

SATE BULAYAK, NIKMATNYA SATE DITEMANI BULAYAK



Setelah sebelumnya menjelajahi Pantai senggigi yang begitu eksotis. Kemudian melanjutkan langkah kaki ini ke Bukit malimbu yang menawarkan sejuta keindahannya, kini tak ada salahnya untuk mengisi perut yang sudah mulai keroncongan. Target sudah ditentukan, makanan khas Lombok, Sate Bulayak.
sate bulayak 1

Bagi yang belum tahu, sate bulayak adalah sate khas pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terbuat dari daging sapi dan dicampur juga dengan usus maupun hatinya, berlumurkan bumbu yang khas Lombok banget (pedas), dan ditemani si lontong.

Bumbu sate bulayak ini terbuat dari kacang tanah sangrai yang ditumbuk, kemudian direbus bersama santan, serta beberapa bumbu lainnya, jadilah mirip bumbu kari.

Untuk masalah nama bulayak sendiri, bukanlah nama satenya, tapi nama si lontong teman sate ini. Bulayak adalah lontong yang dibungkus memanjang seperti spiral, jadi untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Yang unik lagi, bulayak ini dibungkus dengan daun aren, inilah yang membuat rasa dan aroma bulayak menjadi sedap, dan membedakan dengan lontong pada umumnya maupun ketupat.

sate bulayak 2
Untuk menikmati sate bulayak, kebanyakan atau mungkin semua penjual tidak menyediakan garpu maupun sendok. Jadi, makan bulayaknya ya dicocol langsung ke bumbu sate. Ditemani dengan es kelapa muda membuat sate bulayak menjadi lebih nikmat.

Untuk 1 porsi sate bulayak adalah 10 - 15 potong sate dan 5 - 6 bulayak. Tak perlu khawatir dengan masalah harga, cukup mengeluarkan uang sejumlah Rp 15.000 sampai dengan Rp 20.000 anda sudah bisa menikmati salah satu kuliner khas Lombok ini.

Kebetulan saya menikmati sate bulayak ini di jalan Udayana, pada saat malam hari. Pernah juga mencoba ditempat lain, di Taman Malomba dengan rasa yang tak ada bedanya, nikmat, gurih, dan pedas.
sate bulayak 3

Sekedar Tulisan Buat Anda, bahwa sate bulayak, nikmatnya sate ditemani bulayak.

Fariz Anshar

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

2 komentar: