Pages

RAMBUT, BUKAN BULU. BULU, BUKAN RAMBUT

Kali ini pengetahuan yang cukup unik diangkat oleh saya, untuk dijadikan sebuah tulisan di Lenga Indonesia. Hanya sebuah pengetahuan dasar, yang saya yakini semua manusia sudah tau mengenai ini, rambut dan bulu!



bulu
rambut


Rambut dan bulu, sama atau tidak ?


burung, punya bulu, bukan rambut
Tentu beda, perbedaannya juga sangat signifikan, terutama di anatomi masing - masing. Bulu itu satu struktur yang kedap air, maka menutupi permukaan tubuh burung dan unggas. Warna dari bulu juga berasal dari tiga pigmen utama, yaitu melanin (hitam, kelabu, coklat), prophyrin(variasi warna merah, coklat, hijau), dan karotenoid (merah pekat, oranye). Bulu punya empat fungsi utama, yaitu untuk mengatur suhu tubuh, aerodinamika, komunikasi, dan kamuflase. Ada juga bulu yang digunakan untuk berenang, produksi suara, mendengar.





kelinci, punya rambut, bukan bulu
Lalu kalo rambut?, adalah lapisan tebal dari rambut - rambut halus yang menutupi kulit dari mamalia, termasuk manusia. Umumnya struktur rambut yang dimiliki manusia sama dengan hewan mamalia. Tapi ada beberapa hal yang membedakan antara rambut yang dimiliki manusia dengan hewan mamalia. Rambut hewan mamalia terasa lebih kasar, sedangkan pada manusia terasa lebih lembut. Juga perbedaan letak pigmen. Dari segi bahasa juga beda, manusia dengan kata hair dalam bahasa inggris. Sedangkan hewan biasanya fur.

Terus, manusia punya bulu kah? hewan unggas dan burung punya rambut?

Sudah dijelaskan tadi, dari segi bahasa misalnya. Untuk penggunaan kata rambut yang merujuk pada manusia, digunakan kata hair. Lain halnya dengan penggunaan kata bulu yang merujuk pada hewan unggas dan burung, yaitu feather. Kita tentu tidak akan pernah mendengar orang asing mengatakan bulu kucing dengan sebutan feather, atau bulu burung dengan sebutan hair.

Nah, mudahnya begini, manusia tidak memiliki bulu sama sekali. Yang ada cuma rambut, rambut kaki, rambut dada, rambut ketiak, dan lainnya.
dan manusia, punya rambut, bukan bulu

Kalo bulu hanya ada pada hewan unggas dan burung. Mamalia itu punya rambut, bukan bulu.

Penjelasan diatas seharusnya sudah jelas, bahwa rambut dan bulu berbeda. Umumnya masyarakat sering keliru pada kata rambut dan bulu. Dan uniknya, hal itu dianggap wajar. Memang sulit untuk merubah suatu hal yang sudah menjadi kebiasaan di masyarakat luas. Tetapi, semoga dengan adanya tulisan ini, semoga kedepannya sudah mulai ada perubahan.

Sekedar Tulisan Buat Anda, bahwa rambut, bukan bulu. bulu, bukan rambut.


Fariz Anshar

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

2 komentar: