Pages

INI CERITA PLECING KANGKUNG



Setelah beberapa waktu yang lalu telah menghabiskan waktu di pantai senggigi dan juga bukit malimbu. Kemudian pada postingan minggu lalu telah melahap salah satu makanan khas di Lombok, yaitu sate bulayak. Mungkin perut ini masih belum kenyang, maka tidak ada salahnya kalau mencoba kembali salah satu makanan khas di Lombok ini.

Plecing kangkung. Pernah terdengar di telinga anda? Pernah mengicip makanan ini? Saya yakin kalau orang Lombok ataupun wisatawan yang pernah mengunjungi Lombok, pasti sudah memakan itu.

plecing kangkung 1
Dari namanya saja pasti sudah ada gambaran. Pasti bagi yang belum tahu dan mencoba menggambarkan makanan ini ada unsur kangkungnya. Tebakannya tepat sekali, inti dari makanan ini ya kangkung itu sendiri.

Dalam membuat plecing kangkung, kangkungnya direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar bersama sambal tomat, yang dibuat dari cabe rawit, garam, terasi, tomat, dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau. Plecing kangkung disajikan bersama sayuran lainnya seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, juga urap.

plecing kangkung 2
Ada yang beda dari plecing kangkung ini, yakni di kangkungnya. Dengar - dengar nih, kangkung yang digunakan sangat khas. Tidak seperti kangkung sayur yang biasanya di Pulau Jawa. Kangkung yang digunakan berupa kangkung air, biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, yang menghasilkan kangkung dengan batangan besar nan renyah. Tak heran, kalau kangkung di Lombok dijadikan sebagai salah satu oleh - oleh khas Nusa Tenggara Barat.

Katanya juga, terasi yang digunakan sebagi bumbu masak plecing kangkung ini beda. Terasi khas yang digunakan namanya terasi Lengkare. Katanya karena terasi ini juga yang menjadikan rasa plecing kangkung gurih dan manis.
plecing kangkung 3

Tak ketinggalan, bersama rasa khas di Lombok yaitu pedas, menjadikan plecing kangkung ini makanan yang penuh rasa.

Kalau anda datang ke Lombok, tak perlu susah - susah mencari makanan ini. Karena hampir di tiap pinggir jalan dan tempat makan menyediakan masakan khas Lombok ini. Soal harga? Sangat bervariasi, ada yang hanya dengan Rp 5.000 sudah bisa menikmati, ada pula yang Rp 10.000 atau mungkin ada yang lebih. Semua tergantung kesukaan kita, mau makan dimana.

Sekedar Tulisan Buat Anda, bahwa, ini cerita plecing kangkung.

Fariz Anshar

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar