Pages

MAKANAN JAMAN DULU RASA KEKINIAN

Indonesia, tidak ada habisnya membahas negeri ini, penuh dengan kekayaan alam, suku bangsa, warisan kuliner yang penuh cita dan rasa, dan masih banyak lagi, sangat banyak lagi. Kali ini yang dibahas bukan mengenai kekayaan alam ataupun suku bangsa, tapi kuliner. Ya lebih tepatnya makanan di Indonesia.


Makanan di Indonesia juga tidak mau kalah bersaing dengan fashion, mereka punya tren tersendirinya tiap tahun sama dengan fashion. Makanan yang kali ini dibahasa juga makanan yang sudah ada dari dulu, dan bahkan sampai saat ini ada dengan tampilan yang kekinian. Makanan - makanan ini biasanya digandrungi oleh anak muda. Mereka inilah yang mengangkat kembali makanan jaman dulu tersebut dengan cara mereka sendiri pula, misal upload di media sosial atau apapun caranya. Berikut daftar makanan jaman dulu rasa kekinian.

Kue Cubit

kue cubit
Jajanan yang sempat ngetren  di era 90an. Tidak ada yang tahu siapa pencipta makanan ini. Mungkin karena ukurannya yang kecil, sama seperti ukuran cubitan tangan orang dewasa pada umunya.

kue cubit
Nah, kue cubit kembali muncul lagi ke kalangan anak muda. Tapi tentu saja dengan tampilan yang kekinian. Ditambah topping modern seperti red velvet, nutella, green tea, marshmallow, dan masih banyak lagi.

Kue Rangi

kue rangi
Juga jajanan yang sudah ada sejak dulu. Zaman semakin maju, maka kue rangi ini dikesampingkan dalam menu makanan yang sering dinikmati. Penjual kue rangi jadi kesulitan untuk menemukan pembeli.

kue rangi
Namun, saat ini kue rangi berkelas. Kue yang pas untuk menemani minum kopi dan mengobrol santai bersama rekan sejawat. Kue rangi ini juga bisa ditambahkan topping keju dan susu untuk menambah cita dan rasa.

Es Potong

es potong
Jajanan masa kecil dulu. Jajanan old school yang mungkin banyak menyimpan kenanagan manis bagi mereka yang pernah mencicipinya di era tahun 80an atau 90an. Dulu es potong kerap berwarna merah muda dan hijau muda  dan ditusuk lidi dibagian bawah es ini.

es potong

Tapi kini, es potong bergaya kekinian. Rasa dan tampilan sudah berubah. Bahan - bahan yang digunakan lebih berkualitas. Cara makannya? tentu juga berubah, dulu menggunakan lidi, sekarang setangkup roti tawar yang menemani.







Surabi

surabi
Surabi, adalah makanan tradisional khas Bandung, disajikan dengan kuah santan hangat. Bahan dasarnya adalah tepung dan ketan.

surabi
Tapi surabi yang dulunya tak mendapat tempat di hati anak muda, kini sudah berevolusi, jadinya banyak anak muda yang menikmati panganan ini. Ukurannya menjadi lebih mini dan ditambah dengan topping modern, seperti keju, sosis, susu, meses dan telur. Untuk menyantapnya pun sudah beda, kini dengan garpu dan pisau, layaknya menikmati steak.

Segitu dulu yang bisa diberikan, sebetulnya masih banyak lagi kuliner Indonesia tempo dulu namun sudah kekinian. Yang penting makanan yang memang benar benar khas Indonesia bisa tetap dilestarikan hingga di masa yang akan datang, tentu saja dengan variasi terbaru tanpa mengurangi ciri makanan itu sendiri. Jadi apa yang ditunggu? langsung saja merapat ke tempat - tempat yang menjajakan makanan diatas tersebut

Sekedar Tulisan Untuk Anda, bahwa, Indonesia penuh cita dan rasa.

Fariz Anshar

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

2 komentar:

  1. Jadi melet makan panganan-panganan itu. Btw, kapan ngebahas wisata lagi?

    BalasHapus
  2. @Firdi .K Ramadhan Waduh belum tau juga nih kapan ngebahas wisata lagi, lagi pengen yang info ringan sama pendidikan dulu

    BalasHapus