Pages

TERHINDAR DARI PERCIKAN MINYAK DENGAN CARA SEDERHANA

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Dengan makanan pula manusia bisa bertahan hidup. Tak terbayangkan bila di dunia ini tak ada makanan, lantas apa yang coba dimasukkan ke dalam perut ini? Jadi jangan pernah meremehkan suatu makanan yang tersaji di depan kita.

Bicara makanan, tentu saja tiap orang punya selera tersendiri. Karena hal itu pula lah yang membuat banyak sekali makanan yang ada di bumi. Ada yang suka pedas, manis, asin, dan sebagainya. Proses pembuatan makanan pun beragam caranya. Semisal direbus, dikukus, dipanggang, dibakar, dan digoreng. Cara pegolahannya yang disebutkan terakhir tersebut lah yang jadi bahasan kita kali ini.

Menggoreng suatu makanan adalah salah satu teknik yang lazim kita temukan di Indonesia. Karena dengan menggoreng bisa menciptakan rasa tersendiri, semisal renyah, garing, aroma sedap, dan sebagainya. Maka tak heran bila orang Indonesia lebih suka menggoreng makanan ketimbang cara yang lain. Dan alasan lainnya pula adalah cepat. Dengan menggoreng tentu saja bisa menghasilkan suatu makanan yang cepat untuk disajikan dan disantap.

Namun kendala yang mungkin dihapadi sedikit atau banyak orang saat menggoreng suatu makanan adalah salah satunya percikkan minyak. Bagaimana tidak, minyak yang dalam kondisi panas lalu tiba-tiba saja memercik ke tubuh kita, tentu saja membahayakan, atau bahkan amat bahaya.

Karena menggoreng adalah hal lazim di Indonesia, dan percikkan minyak merupakan satu masalah yang selalu didapati saat menggoreng makanan, maka Lenga Indonesia akan berbagi ke kita semua tips terhindar dari si percikkan minyak tersebut. Berikut ulasan singkatnya.

Jahe

via www.masakanpraktisrumahan.com

Jadi sebelum kita menggoreng makanan yang diinginkan, terlebih dahulu memasukkan dua atau tiga iris jahe dalam wajan yangsebelumnya telah terisi minyak. Selain membuat minyak akan berhenti memercik, juga jahe memberikan aroma sedap pada makanan kita. Jadi banyak untungnya.

Tepung Beras

via www.halloriau.com

Setelah minyak pada wajan menjadi panas, maka taburilah sedikit tepung beras. Setelah itu kita sudah bisa memasukkan makanan yang ingin digoreng. Tepung beras dapat membuat minyak berhenti memercik, dan kita jadi aman dan nyaman dalam menggoreng.

Jeruk Nipis


via www.sunpride.co.id

Selanjutnya datang dari jeruk nipis. Sebelum memasukkan bahan yang ingin digoreng, ada baiknya kita masukkan terlebih dahulu irisan jeruk nipis ke dalam minya yang sudah panas. Cukup dengan satu irisan jeruk nipis membuat minyak seolah takut untuk memercik.

Air

via www.mamapeduli.info
Waktu kecil mungkin kita pernah mengisengi seseorang yang sedang menggoreng sesuatu. Dan bahan utama untuk mengisengi orang tersebut adalah air. Sesat setelah kita percikkan air ke arah wajan yang telah terisi minyak panas, maka dengan cepat minyak pun ikut memercik. Alhasil orang tersebut kaget dan berusaha menjauh dari wajan tersebut, sedangkan kita tertawa karena sukses mengerjai. Dari masa lalu itu, kita belajar bahwa ternyata makanan yang terendam dengan air atau mengandung air yang cukup banyak, dan bila langsung dimasukkan ke dalam wajan yang telah terisi minyak panas akan menghasilkan percikkan minyak goreng. Jadi ada baiknya makanan yang ingin kita goreng terlebih dahulu ditiriskan, supaya air yang ada di dalamnya berkurang, atau mungkin hilang.


Itulah beberapa cara yang ampuh untuk menjawab permasalahan seseorang yang takut akan terkena percikkan minyak. Kalau sang ahli masak mungkin tidak perlu cemas yang berlebihan terhadap percikkan minyak tersebut. Jadi selamat menggoreng!

Fariz

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar