Pages

BENDA - BENDA INI PUNYA NAMA LAWAS

Sering sekali kita mendengar seseorang  mengucapkan kata benda. Entah itu benda mati atau pun hidup. Tapi kebanyakan yang kita dengar adalah kata benda yang memang sudah kita kenal.

Tapi taukah kita, bahwa ada kata benda dalam Bahasa Indonesia yang bisa kita kategorikan sebagai kata yang hampir tak terdengar lagi.

Berbagai alasan kenapa kata kata tersebut sudah tidak dipergunakan oleh kita. Mungkin benda yang kita sebutkan sudah tidak ada lagi saat ini. Atau bisa juga si pengganti kata lawas tersbut lebih enak dan nyaman di telinga kita saat ini. Semua berubah begitu saja, tanpa ada aba -aba terlebih dahulu. Namun yang menarik adalah, kata - kata lawas tersebut masih terdaftar di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Berikut kata - kata lawas tersebut.



TAPAL GIGI



Mungkin bagi kita kaum muda, masih asing mendengar seseorang mengucapkan kata tersebut. Karena memang kita belum pernah mendengar sebelumnya. Tapi bagi generasi tua, mungkin sudah biasa mendengar dan mengucapkan kata tersebut. Tapal gigi punya arti yang sama dengan PASTA GIGI. Di iklan koran jaman dulu tahun 1950an, kita bisa menemukan kata tapal gigi dalam prodent.


TEROMPAH


Sekali lagi, kata yang masih asing di telinga kita para kaum muda. Terompah adalah alas kaki yang terbuat dari kulit, karet atau kayu yang dilengkapi dengan tali kulit sebagai penguat, atau kayu bertudung bulat. Tapi sekarang, kita menyebutnya dengan BAKIAK.


BIDUK


Adalah perahu kecil yang dipakai untuk menangkap ikan atau mengangkat barang-barang di sungai. Sekarang kita sebut dengan SAMPAN atau PERAHU.


LADAM


Besi pelapis yang dikenakan oleh kuda untuk melindungi kaki, sebenarnya kuku kuda. Tujuannya untuk melindungi saat berjalan. Sekarang kita mengenal nya dengan nama TAPAL KUDA.


BUAH PINGGANG


Yaitu organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk seperti kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Apa itu? Kita lebih mengenalnya dengan sebutan GINJAL.


DAWAT


Barang cair yang berwarna (hitam, merah, dsb) untuk menulis. Saat ini, benda itu disebut TINTA.


DANGAU


Rumah kecil di sawah atau di ladang tempat orang berteduh untuk menjaga tanaman. Sekarang lebih terkenal dengan nama GUBUK.


SURYAKANTA

Kaca bundar (untuk melihat suatu benda supaya kelihatan besar). Dan sekarang dikenal dengan KACA PEMBESAR.


DIAN


Alat untuk menerangi (sesuatu). Saat ini, kita lebih mengenalnya dengan LAMPU. Sungguh indah namamu ya.


GENTA


Alat bunyi-bunyian yang terbuat dari logam berbentuk cangkir terbalik dengan sebuah pemukul yang tergantung tepat di poros dalamnya, apabila pemukul itu mengenai dinding cangkir, cangkir tersebut akan menghasilkan bunyi-bunyian. Nama benda tersebut saat ini kita kenal LONCENG.


ALMANAK



Penanggalan (daftar hari, minggu, bulan, hari-hari raya dalam setahun) yang disertai dengan data keastronomian. Sekarang, kita sebut saja dengan KALENDER.

ALMARI

Pengertian menurut KBBI adalah peti besar tempat menyimpan sesuatu (seperti buku, pakaian). Nah, sekarang kita sebut dengan LEMARI.

PENGOKOT


Alat unutk menyatukan sejumlah kertas dengan cara memasukkan kokot berbentuk huruf "U" yang terlipat dibagian bawah kertas bila panjang kedua ujung kokot melebihi tebal kertas. Justru, kita mengenal benda ini dengan nama STAPLER.


Jadi, zaman boleh berubah, tapi nama - nama lawas mereka setidaknya kita ketahui. Agar menjadi sejarah perjalanan hidup benda itu juga.

Dan bisa jadi, kata-kata yang saat ini kita gunakan, esok menjadi usang.

Fariz Anshar

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

9 komentar:

  1. baru ngeh, kalau suryakanta udah lama tahu sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hehehe, hal ringan seperti itu yg menurut saya, kita harus tau. Makasih mas udh kunjung dan komen lagi. Lain waktu lagi ya.

      Hapus
  2. GENTA!! Baru tau kalo artinya lonceng. Duh Bang Genta, wkwk
    Kalo Dian tau nih, suka denger waktu kecil. Hehe
    Baguus, yang lainnya lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak yg adiknya bang genta!!! Widih hebat ya udh tau dian hehe
      Yg lainnya ga usah mbak, biar tambah penasaran kita hehe. Terima kasih sudah kunjung dan komentar mbak, lain waktu dtg lagi ya mbak hehehe

      Hapus
  3. Eh, secara EYD yang bener almari atau lemari sih?

    BalasHapus
  4. Eh, secara EYD yang bener almari atau lemari sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, mungkin lemari yg benar, berdasarkan KBBI mas. Tapi itu menurut saya dan mungkin ya mas hehehe. Terima kasih loh mas udh kunjung dan komentar di blog, ditunggu kedatangannya di lain wakti sertai komentar juga hehehe

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus