Pages

LOMBOK, INGIN RASANYA MENGUNJUNGIMU LAGI



Sebuah keberuntungan di tahun 2014 silam, membawa saya ke pulau itu. Pulau yang masih sangat asing bagi saya saat itu. Pulau yang banyak dikatakan oleh warga sekitar rumah saya sebagai pesaingnya Pulau Bali. Ya, pulau itu adalah Pulau Lombok.

Pulau Lombok, saya berani mengibaratkan pulau itu sebagai “seorang putri cantik yang masih tertidur manis di ranjangnya”. Pulau yang dihimpit oleh dua “kekuatan besar” dalam hal wisata di Indonesia, Pulau Bali dan Pulau Komodo. Meskipun masih “dinomor duakan” bila disandingkan dengan Pulau Bali, namun pulau Lombok bagi saya tetaplah punya daya tarik tersendiri, yang mampu memikat hati para pelancong untuk datang dan menikmati keindahan Pulau Lombok.

Pulau Lombok dikenal juga dengan nama Pulau Seribu Masjid. Keindahannya yang ditawarkan oleh Pulau Lombok ini sangat beragam. Sebut saja yang terkenal di kalangan wisatawan, yaitu Pantai Senggigi dan Gili Trawangan. Padahal, kalau kita mau menelusuri lebih jauh pantai – pantai di Pulau Lombok, sangat banyak jumlahnya. Pantai Sire, Pantai Tebing, Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Batu Bolong, Pantai Kuta, Pantai Tangsi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk nama pantai yang terakhir disebutkan tadi, pantai tersebut memiliki keistimewaan tersendiri. Yang membuat Pantai Tangsi begitu berbeda adalah karena pasirnya berwarna merah muda. Dan satu lagi, pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda hanya ada dua di Indonesia, salah satunya Pantai Tangsi, Lombok. Cantik, indah, takjub, semua ungkapan kekaguman dan kalimat pujian memang cocok disematkan kepada tempat wisata yang ada di Pulau Lombok. Bahkan ada satu pepatah dari Lombok yang cukup terkenal disana, yaitu jangan ke Lombok, nanti tidak mau pulang.

Gili Trawangan
Pantai Kuta
Pantai Tebing

Ada kejadian yang unik bagi saya saat ingin pergi ke Pantai Sire bersama dengan teman. Di perjalanan menuju ke Pantai Sire, kami menemui tempat wisata lainnya, dan itu tidak hanya satu saja, melainkan 5 tempat wisata yang tersebar disepanjang perjalanan kami menuju Pantai Sire. Tentu saja itu merupakan hal yang baru saya temui. Karena saya lama berada di tanah kelahiran, DKI Jakarta.

Pantai Sire

Selain di tepi laut, Pulau Lombok juga memiliki tempat untuk yang senang mendaki. Gunung yang mendapat predikat sebagai salah satu yang tertinggi di Indonesia. Gunung itu dinamakan Gunung Rinjani. Seorang teman saya disana yang pernah mendaki Gunung Rinjani mengatakan bahwa Gunung Rinjani bagai dunia lain. Alasannya karena sejak awal, para pendaki sudah disuguhi padang savana yang indah, hutan tropis yang menakjubkan, dan tak ketinggalan juga perbukitan yang sangat mempesona. Namun sayang, saya belum punya keberanian untuk mendaki.

Pesona lainnya datang dari Bukit Malimbu. Untuk ke Bukit Malimbu bisa dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Keindahaan yang ditawarkan oleh Bukit Malimbu membuat siapa saja takjub melihatnya, terlebih lagi saat hari menuju senja.

Bukit Malimbu
Masih Bukit Malimbu
Nampak Tiga Gili dari Bukit Malimbu
Dan ini dia, menikmati matahari terbenam di Bukit Malimbu

Pantai, gunung, dan bukit, hanya itu saja yang dimiliki oleh Lombok? Saya harus mengatakan tidak. Air terjun juga menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep, Air Terjun Tiu Teja, dan masih banyak lagi. Semua menawarkan keindahan yang beragam.

Tak hanya sampai di air terjunnya saja, Lombok juga memiliki Taman yang indah. Contohnya saja Taman Mayura. Taman yang memiliki paduan unik dan khas, mulai dari konsep taman, kolam, serta pura ibadah.

Taman Mayura

Puas dengan informasi tempat wisatanya, Lombok juga terkenal akan kulinernya yang identik dengan rasa pedas. Tak hanya itu saja, Lombok juga memiliki tradisi budaya yang masih terjaga dan bahkan masih dilakukan hingga saat ini.

Sulitkah untuk ke Pulau Lombok? Tenang, banyak maskapai yang menjangkau ke Pulau Lombok. Lion Air, Batik Air, dan Garuda Indonesia.

Kalau keberuntungan memihak ke saya lagi, saya ingin sekali lagi mengunjugi Pulau Lombok. Ke Lombok lagi adalah sebuah kesenangan bagi saya. Melihat kembali “seorang putri cantik yang masih tertidur manis di ranjangnya” merupakan keberuntungan jilid dua.

Saya merasa petualangan saya yang dulu masih kurang, bila melihat begitu banyak keindahan alam yang disajikan oleh Pulau Lombok. Masih banyak yang ingin saya jelajahi di Lombok sana. Mulai dari kuliner yang baru beberapa saja saya cicipi. Dan sedikit kebudayaan yang baru saya lihat di Lombok.

Dan ke Pantai Senggigi merupakan kesenangan selanjutnya. Awal saya melihat keindahan Lombok adalah Pantai Senggigi. Tempat pertama kalinya saya melihat matahari yang terbenam dengan malu-malu, ditemani nikmatnya jagung bakar. Maka dari itu, Pantai Senggigi punya nilai keindahan tersendiri di hidup saya.

Pantai Senggigi

Dan bila keberuntungan jilid dua itu terwujud, yaitu mendapatkan Tiket Pesawat Gratis dari Airpaz.com, saya ingin ke Pulau Lombok menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Alasannya sederhana saja, saya belum pernah menggunakan maskapai Garuda Indonesia

Semoga keberuntungan jilid dua itu terwujud oleh Airpaz.

Fariz Anshar

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

9 komentar:

  1. Duh syedih... Ayo ke Lombok. Kami kangen kamu.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas partisipasinya dalam Lomba Menulis hadiah tiket pesawat gratis dari Airpaz.com

    Semoga menang.

    Airpaz Team

    BalasHapus
  3. tulisan yang bagus..Indonesia memang indah, semoga beruntung memenangkan tiket pesawat gratis dari airpaz.com yahhhh

    BalasHapus
  4. @Airpaz Teamsaya juga berterima kasih karena telah menghadirkan Lomba Menulis hadiah tiket pesawat gratis dari airpaz.com

    BalasHapus
  5. @Riaterima kasih atas pujian serta doanya. Iya, saja juga setuju bahwa Indonesia itu memang bagus.

    BalasHapus
  6. Lombok memang sesuatu ya Mas. Salam kenal 😊

    BalasHapus
  7. @Bai Ruindraiya mas saya juya setuju, Indonesia itu Sesuatu, dan Lombok satu sesuatunya mas. Terima kasih sdh mau mampir dan berkomentar, salam kenal juga mas.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus