Pages

"RUPIAH ITU INDAH"

Tiap negara punya mata uangnya masing - masing. Amerika Serikat dengan dollarnya (USD), Rusia rubel (RUB), Pound Sterling (GBP) milik UK, negara di eropa yang menggunaka Euro (EUR), China Yuan (CNY), dan seterusnya. berbagai nama digunakan oleh suatu negara untuk mata uangnya sendiri.

Tapi kali ini, kita bukan ingin membahas mengenai nama - nama mata uang di seluruh dunia. Bukan juga analisis tentang Rupiah yang melemah atau Dollar yang menguat. Bahasan kali hanya tentang Rupiah, mata uang Indonesia.


Dulu mata uang negara Indonesia ini namanya ORI, setelah lama, barulah ORI diganti dengan Rupiah. Tentu saja yang namanya mata uang suatu negara punya desain tersendiri. Nah, untuk desain Rupiah ini sangat beragam. dari awal penggunaannya, hingga saat ini, telah banyak desain yang ditampilkan. Berikut beberapa desain Rupiah yang Indah.

Rp 10.000 Tahun 1975

Disebut sebagai desain terbaik uang kertas di dunia. Warna yang sangat serasi, membuatnya jadi indah.Gambar relief membuat desain ini sangat kental dengan budaya Indonesia.

Rp 5.000 Tahun 1992


Cukup beruntung saya pernah merasakan uang ini saat masih kecil. Gambar Sasando Rote dan Danau Tiga Warna yang berwarna warni. Soelah ingin membuat pesan bahwa Indonesia negeri yang indah.

Rp 50.000 Tahun 2005


Sudah mulai menggunakan desain yang modern tapi tetap berunsur etnik, membuatnya unik. Gambar penari Bali akan terlihat bila uang ini disinari ultraviolet.

Rp 20.000 Tahun 2004


Punya desain dan pengamanan yang baik. Memiliki keunikan saat disinari ultraviolet sama dengan uang Rp 50.000. Namun bedanya, uang ini akan berpendar dengan indah. Jadi nampak seolah para pemetik teh disaat fajar terbit.

Rp 1.000 Seri Kebudayaan Tahun 1952


Menjadi buruan para kolektor uang kuno. Memiliki desain dan corak yang indah, serta mencerminkan kebudayaan Indonesia.

Rp 100 Seri Bunga Tahun 1959


Uang ini punya sejarah tersendiri. Karena uang ini adalah uang kertas Indonesia yang pertama kali menggunakan benang pengaman ultraviolet. Saat disinari ultraviolet, benang pengaman dan bunga akan berpendar dengan indah.

Rp 20.000 Tahun 1995


Punya desain dan penempatan gambar yang baik. Dengan bergambarkan burung Cendrawasih dan Cengkih, maka indahlah uang ini.

Rp 10 Seri Hewan Tahun 1957


Ada gambar hewan kancil di bagian depan uang ini. Dengan warna yang cukup baik serta penempatan gambar yang bagus, jadilah desain uang ini unggul dibanding uang kertas seri hewan lainnya di tahun 1957.

Rp 2 1/2 Seri Pemandangan Alam Tahun 1953

Salah satu yang terbaik di zamannya. Memuat panorama pantai yang indah. Unik dan Antik.

Rp 1 Seri Pemandangan Alam Tahun 1951


Disebut dengan pemandangan alam ya karena pada desainnya terdapat pemandangan alam Indonesia. Sawah dan terasering menghiasi uang ini. Tentu saja dengan desain seperti ini menyatakan bahwa Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat indah, seperti lagu Rayuan Pulau Kelapa.

Itu baru beberapa. Masih banyak desain yang bagus terdapat di Rupiah. Baik dari segi pengamanan, kualitas kertasnya sendiri, gambar yang dimuat, Indonesia punya kualitas akan hal ini.

Sekedar Tulisan Untuk Anda, bahwa, Rupiah itu indah.


Fariz Anshar

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

2 komentar: