Pages

CARI-CARI MESIN PENCARI

Zaman sekarang serba internet. Hampir semua benda yang berteknologikan maju dan canggih terhubung dengan internet. Ponsel pintar misalnya, sudah tentu bisa tersambung ke dunia maya. Begitu pun dengan komputer, seolah-olah wajib untuk terhubung ke internet. Masih banyak lagi alat-alat yang nampaknya harus tersambung ke internet. Karena memang pada hakikatnya internet merupakan kata yang amat menarik bagi peradaban manusia saat ini.

Bicara internet, tak terlepas dengan yang namanya mesin pencari. Adalah search engine dalam bahasa inggrisnya, merupakan alat yang memudahkan kita untuk mencari apa saja yang dibutuhkan di dunia maya tersebut. Tentu saja hanya tinggal ketik apa yang kita mau cari, maka mesin pencarian bisa dengan mudah menampilkannya. Bahkan tak jarang pula, sebelum kita selesai mengetikan apa yang dicari, mesin tersebut sudah terlebih dahulu mengetahuinya. Jadi bisa disebut mesin ini ajaib kah?

Beranjak dari keajaiban mesin pencari, kali ini akan dibahas mengenai mesin pencari yang amat populer di kalangan pengguna internet, atau mungkin ada beberapa yang belum tahu? Tunggu apalagi, langsung saja simak ulasan singkatnya berikut ini.

Google



Sudah banyak sekali yang menggunakannya. Sudah terlampau banyak orang yang menomor satukanya. Alasan penguna memilihnya adalah kemudahan yang dieberikan, cepat, dan amat banyak website yang terdaftar di sana. Jadi singkat saja, Google berdiri sejak tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin. 
Bing



Salah satu pesaing terdekat yang diatas tadi. Meluncur di tahun 2009, yang berada dibawah naungan Microsoft. Sejatinya, mesin pencari dari Microsoft sudah ada sebelumnya, yaitu MSN (Microsoft Network) Search. Fakta mengejutkan muncul, bahwa Bing menyatakan mesin pencarian dibawah ini akan berada didalamnya. Begitu pun sebaliknya, mesin pencarian dibawah ini akan menggunakan Bing sebagai dasar pencarian para penggunanya. Jadi siapa kah dia?
Yahoo!



Nama mesin pencarian yang disebutkan di atas tadi adalah Yahoo! Sejarah singkatnya adalah berdiri di tahun 1994, David Filo dan Jerry Yang lah yang mendirikan Yahoo! Awalnya, Yahoo! merpuakan direktori situs web, dan pada akhirnya beralih menjadi mesin pencari di tahun 2002.
Ask



Mulai sedikit asing kah? Jadi mari kita simak bersama. Ask yang awal mulanya diberi nama Ask Jeeves lahir di tahun 1996. Ask pun sama seperti Yahoo! sebelumnya, yaitu bukan menjadi mesin pencari terlebih dahulu. Sebelumnya Ask untuk memperoleh jawaban atas hasil pertanyaan yang diajukan semisal matematika, direktori, serta pertanyaan konversi. Dan di tahun 2010, tepatnya di akhir tahun, dengan resmi Ask menjadi mesin pencari. Biasanya, Ask selalu menyantol pada program-program yang ingin di-install.
DuckDuckGo



Ialah Gabriel Weinberg yang membangunnya di tahun 2008. DuckDuckGo juga biasa disingkat dengan nama DDG. Beda dari mesin pencari yang lain, DDG terkenal dengan kehebatannya untuk menjada privasi tiap penggunanya. Selain itu, DDG juga minim akan kehadiran iklan dan terkadang bisa jadi lebih baik dalam melakukan suatu pencarian.
Yandex



Lima tahun lalu mesin pencari ini lahir. Berasal dari Rusia, dan telah menjadi raja di rumahnya sendiri, menggusur pesaing yang lain. Satu hal yang spesial adalah mereka memebrikan kesempatan pada tiap pengguna untuk melakukan pencarian dengan bahasa Inggris, Perancis, Jerman, dan bahasa Eropa yang lainnya.
AOL



Bagi pecinta dunia internet yang sudah lama, pasti mengenal sosok ini. Adalah AOL yang sebelumnya disebut sebagai America Online merupakan wajah lama di dunia mesin pencarian. Bahkan dulu, banyak orang beranggapan AOL merupakan mesin pencari terbaik pada saat itu, tentu saja sebelum kemunculan Google dan Yahoo!
Lycos



Bisa dibilang juga sebagai mesin pencari lawas. Hadir sejak tahun 1994, hingga kini bisa tetap eksis di persaingan. Hanya saja, kini ia bukan mesin pencari yang "asli", karena sekarang juga sudah berubah menjadi jaringan komunitas dan situs sosial. Tapi tetap Lycos menjadi perhatian publik sebagai mesin pencari.
Dogpile



Terakhir, merupakan mesin pencari yang amat terkenal pada saat itu sebelum kemunculan Google. Dogpile hadir di tahun 1996 dan menjadi sangat eksis pada masa itu. Tapi karena perkembangan zaman, dan bermunculannya mesin pencari lainnya yang hebat, akhirnya Dogpile merosot. Hingga kini, ia kembali ke indexing yang setidaknya cukup baik dengan menggabungkan berbagai pencarian dari berbagai msein pencari dunia, termasuk yang banyak di atas tadi.

Jadi begitulah bincang tentang mesin pencari. Tak banyak memang yang bisa disebutkan sini, karena tak sedikit pula yang telah hadir pada masa kini. Sudah banyak pilihan yang tersedia bagi kita pengguna internet, maka pilih yang mana? Yang perlu diingat, semua baik bila kita bajik.

Fariz Anshar

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus