Pages

KLOUT, SI PENGUKUR EKSISTENSI KITA DI MEDIA SOSIAL


Anda pasti sudah mengenal yang namanya media sosial, kan? Adalah sesuatu yang wajar dan umum bila seseorang menggunakan media sosial di zaman ini. Dan hal yang biasa pula bila kita menemukan seseorang yang memiliki akun di berbagai media sosial. Memang tak bisa dipungkiri, bahwa media sosial adalah salah satu hal yang kita butuhkan saat ini. Untuk mendapatkan informasi yang cepat serta penambahan ikatan pertemanan adalah tujuan hadirnya media sosial saat ini.

Kalau kita coba sebutkan satu per satu media sosial apa saja yang ada di dunia saat ini, mungkin bisa membuat lelah menulis. Sebut saja yang familiar dikalangan orang Indonesia saat ini adalah facebook, twitter, path, blackberry messager (BBM), instagram, line, dan masih terlalu banyak lagi yang tak bisa disebutkan. Mereka-mereka ini hadir dengan berbagai fitur yang beragam, namun pada dasarnya tujuan mereka hadir salah satunya adalah memudahkan kita sebagai pengguna untuk dapat melihat dunia. Dengan kehebatan media sosial tersebut, tentu saja berimbas kepada banyaknya pengguna media sosial, khususnya di Indonesia.

Tapi pernakah kita mendengar Klout? Sebagian orang mungkin masih asing bila mendengar kata tersebut. Pertanyaan utama yang muncul dari mulut si pendengar adalah apa itu klout. Jadi kali ini, bahasannya mengenai Klout.

Klout adalah aplikasi berbasis web yang bisa mengetahui seberapa besar pengaruh seseorang yang media sosial. Segala aktifitas seseorang yang dilakukannya di media sosial misal seperti tweet, retweet, like, share, atau apalah namanya dari masing-masing media sosial tersebut, tentu bisa berhubungan dengan Klout.

Pada umumnya, pemakaian Klout  lebih banyak terjadi di dunia marketing, tujuannya agar mengetahui berdampak kah suatu produk maupun brand ­di media sosial terhadap para konsumen. Namun karena semakin maraknya penggunaan media sosial di dunia ini, maka sekarang sudah menjadi hal yang biasa bila Klout pun digunakan oleh seseorang, agar dapat mengetahui seberapa besar kah eksistensinya di media sosial. Denga begitu, sebagian orang beranggapan bahwa Klout sudah menjadi acuan untuk melihat pengaruh seseorang di media sosial.

Dalam menentukan seberapa besar pengaruh seseorang di media sosial, Klout menggunakan angka 1 – 100. Angka tersebut biasanya dikenal dengan nama Klout Score. Mudahnya, semakin tinggi score seseorang, maka semakin berpengaruh orang tersebut di media sosial. Tapi ada satu hal yang harus kita ketahui bersama, bahwa tidaklah mudah mendapatkan score yang tinggi. Butuh daya yang minimal keras untuk bisa meraih score tinggi.

Dengan begitu banyaknya yang menggunakan media sosial saat ini, dengan berbagai macam gaya dan sebagainya, maka Klout pun membagi-bagi seperti apa gaya seseorang saat menggunakan media sosial. Adapun hal tersebut dinamakan Klout Style. Di dalamnya terdapat 16 style influence di Klout Style. Berikut adalah matriks klout influence tersebut.

via ivanprakasa.files.wordpress.com
 
Mungkin sedikit pusing bila kita melihatnya. Namun mudahnya, tiap orang punya gayanya di media sosial, tapi gaya tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Karena semua tergantung bagaimana kita beraktifitas di media sosial yang digunakan.

Kemudian berlanjut ke seperti apa sebenarnya Klout menentukan tinggi rendahnya score kita. Dalam hal ini, Klout sudah mengelompokkannya menjadi 3 bagian.

True Reach

Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kita, maka ditinjau dari banyaknya orang yang kita pengaruhi melalui aktifitas kita di media sosial. Misal, setiap kita melakukan tweet, maka akan dilihat ada kah atau seberapa banyak kah orang yang menanggapi, baik itu dengan retweet, atau membalas tweet kita. Jadi tak hanya sering melakukan aktifitas di media sosial saja, namun juga dilihat dari tanggapan orang lain pula tentang aktifitas kita tersebut. Sehingga bisa diketahui seberapa besar pengaruh kita di media sosial.

Amplification Probability

Kalau tadi untuk mengetahui seberapa besar kita berpengaruh di media sosial dengan aktifitas serta tanggapan, kali ini dilihat dari bagaimana tanggapan orang yang melihat aktifitas kita di media sosial. Jadi apakah kita melakukan tweet kemudian orang yang retweet hanyalah dari follower kita saja, atau seperti apa tanggapan mereka terhadap kita. Hingga akhirnya, kualitas kita menggunakan media sosial terlihat dalam hal ini.

Network Impact

Besar tidaknya pengaruh kita di media sosial kali ini diamati dari si penanggap aktifitas kita di media sosial. Apakah yang menanggapi kita itu adalah orang yang punya pengaruh besar di media sosial? Hingga dampak yang ditimbulkan dari aktifitas kita sebesar apa? . Dasarnya, penilaian yang terakhir ini adalah mengenai orang yang sering berinteraksi dengan kita di media sosial.

Jadi kesimpulannya, semakin kita aktif dan orang pun aktif menanggapi kita, maka tak tertutup kemungkinan Klout Score kita akan tinggi. Tentu saja usaha menjadi salah satu jalan menuju hal tersebut.

Dengan bahasan tadi, mungkin sudah membuat kita sedikit tau mengenai layanan dari Klout ini. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kita bisa menggunakan Klout? Tenang saja, bagi anda yang ingin mengetahui seberapa besar pengaruh anda di media sosial, anda silahkan kunjungi situs Klout, www.klout.com

Tidak perlu mendaftar untuk menikmati layanan Klout. Cukup anda login saja menggunakan media sosial seperti twitter, facebook, google plus, dan sebagainya. Dan anda akan segera mengetahui  berapa score anda serta pengaruh anda di media sosial.

Akhir kata, mungkin bagi yang sudah mencoba bisa berbagai ke kita semua berapa score yang dimiliki. Dan bagi yang ingin mencoba, selamat mencoba!

Fariz Anshar

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

1 komentar: