Pages

KARTUN YANG DULU MENGHIASI HARI MINGGU




Hari ini tanggal 5 September 2015, adakah yang spesial? Saya sendiripun tidak tahu apa ada yang spesial dengan hari ini. Tapi pasti ada yang spesial di tanggal 5 September ini, entah itu memperingati suatu kejadian masa lampau, atau ada yang lahir di tanggal tersebut, dan sebagainya.

Tapi saat ini kita tidak sedang membahas hal-hal yang spesial di tanggal 5 September tersebut. 5 September 2015 adalah hari Sabtu. Hari dimana seharusnya kita bersantai, menenangkan diri, dan mungkin ada yang vakansi ke luar kota, pulau, atau bahkan negeri. Tapi bicara hari, setelah hari Sabtu adalah hari Minggu.

Iya, kali ini bahasannya berkaitan dengan hari Minggu. Hari yang identik dengan liburan ini sudah tentu menjadi salah satu hari yang ditunggu semua orang. Tapi ingatkah kita, bahwa dulu pernah ada yang menghiasi hari-hari minggu kita. Mereka itu kita kenal dengan nama kartun.

Dulu, sangat banyak sekali tayangan kartun di hari minggu. Dan semua kartun tersebar di berbagai stasiun tv di Indonesia. Ada yang mulai tayang dari jam enam pagi, ada juga yang mengawalinya di jam setengah 7 pagi. Maka pada saat itu pula, anak-anak kecil di zaman itu asik menyaksikan tayangan kartun kesukaan mereka.

Untuk itu, mari bernostalgia sejenak dengan melihat kembali kartun-kartun yang pernah menghiasi masa anak-anak di zaman itu.


Let's Go (RCTI)



Menceritakan kakak adik yang gemar memainkan mobil balap kecil, yang disebut dengan tamiya. Restu, si kakak yang mempunyai warna rambut merah memiliki tamiya kesayangannya sendiri, yaitu sonic. Sedangkan yang memiliki rambut berwarna biru adalah adiknya, Go, dengan tamiya andalannya magnum. Dan hari-hari mereka selalu saja diwarnai dengan tamiya, entah itu perlombaan tamiya, maupun mengutak-atik tamiya, dan sebagainya. Dan tentu saja, mereka juga punya teman dan pesaing di dalam dunia tamiya ini.

Chibi Maruko Chan (RCTI)



Kisahnya mengenai seorang anak SD di jepang berumur sembilan tahun. Dan hari-hari dari si pemeran utama ini diwarnai dengan hidup yang seru. Perempuan imut, lucu, dan menggemaskan itu adalah pemeran utama dari kartun ini, ia punya nama Momoko "Maruko" Sakura. Bertemakan komedi untuk anak SD, membuat kartun ini digemari oleh anak-anak kecil pada waktu itu. Tidak hanya tentang jalan ceritanya saja yang bagus, lagu pembukaan dari kartun ini juga enak didengar, apalagi dalam versi Bahasa Indonesia. Berikut sepenggal liriknya.

...
hal yang menyenangkan hati
banyak sekali
bahkan kalau kita bermimpi

sekarang ganti baju
agar menarik hati
ayo kita mencari teman

Detective Conan (INDOSIAR)



Iya, mungkin semua sudah tahu. Kartun yang punya jalan cerita yang sangat bagus. Diperankan oleh Conan Edogawa a.k.a Shinichi Kudo ini berkisah tentang perjalanan seorang detektif muda yang berhasrat untuk menumpas kejahatan di Jepang. Di awal episodenya, Shinici Kudo langsung diterpa masalah yang membaut tubuhnya mengecil seperti anak SD. Alhasil, supaya ia tidak diketahui oleh orang yang membuat dia sudah terkena penyakit aneh tersebut, ia akhirnya mengganti nama sebagai Conan Edogawa. Dan pertualangan pun dimulai. Conan tinggal di rumah Ran, gadis yang ia sukai. Berteman dengan Genta, Ayumi, Mitsuhiko yang benaran masih SD. Ditemani oleh Profesor Agasa dan Ai Haibara yang juga terkena penyakit yang sama, Conan berusaha mengungkap identitas dari orang yang telah berbuat kepadanya.

Hamtaro (RCTI)



Kartun yang identik dengan hewan lucu, hamster. Hamster yang bernama Hamtaro ini dikenal sangat pemberani dan selalu siap untuk membantu teman-temannya. Hamtaro juga mengenal kasih sayang, juga cinta. Tujuan hidup yang mulia dari Hamtaro adalah memberikan kesenangan kepada semua teman-temannya. Bicara soal teman, Hamtaro juga punya banyak teman, Bijou, Oxnard, Boss, Pashmina, Penelope, Maxwell, Sandy, Stan, Howdy, Dexter, Cappy, Elder Ham, Sparkle. Sungguh kisah unik dan lucu menjadi jaminan untuk para penonton yang menyaksikannya (lagi)

...
tuk ku tuk lewat lorong sempit
tuk ku tuk hamtaro berlari
apa yang paling dia senangi
biji bunga matahari
... 

Digimon Adventure (INDOSIAR)



Mirip dengan kartun Hamtaro, Digimon Adventure juga menyertakan "hewan" di dalam ceritanya. Menceritakan tentang delapan orang anak yang terpilih untuk menyealamatkan dunia digital. Dan masing-masing anak tersebut punya "hewan" sebagai teman mereka, disebutnya digimon. Hanya tujuh anak yang terlempar ke dunia digital dan akhirnya mereka berpetualang disana. Rintangan sili berganti mereka hadapi karena ulah dari digimon yang lain. Yang paling ditunggu dari kartun ini adalah evolusi dari digimon. Setelah berevolusi, maka perubahan wujud, penampilan, postur badan, dan kekuatan menjadi hal yang paling menarik, dan tentu saja ditunggu semua penonton.

One Piece (RCTI)



Salah satu kartun hebat yang masih eksis hingga sekarang. One piece menceritakan tentang seorang anak bernama Monkey D. Luffy bercita-cita menjadi raja bajak laut. Impian itu ia mulai dari kampung halamannya sendiri, berlayar mewujudkan cita-citanya, dan juga menemukan orang yang tepat untuk ia jadikan teman, bukan bawahannya. Hingga kini, Luffy punya Zorro, Ussop, Nami, Sanji, Chopper, Franky, Robin, Brook yang semuanya berada dibawah naungan Bajak Laut Topi Jerami. Karena ciri khas dari Luffy adalah Topi Jerami. Kisah mereka semua sangat menarik, saling melengkapi satu sama lain. Dan yang menjadi perhatian juga dari kartun ini adalah buah iblis/setan. Iya, seseorang yang memakan buah tersebut bisa mendapatkan kekuatan sesuai dengan buah yang ia makan. Tapi resiko yang ditanggung adalah si pemakan buah tersebut tidak bisa berenang ataupun terkena yang berhubungan dengan laut. Contoh saja, Luffy yang memamakan buah tersebut, kini terkenal dengan julukan manusia karet. Tubuhnya bisa seelastis karet. Tidak akan ada rasa bosan bila menonton kartun ini, karena jalan cerita yang disajikan membuat kita penasaran.

Beyblade (RCTI)



Kartun ini "keras". Karena menyajikan duel, tapi bukan antar manusia maupun hewan, melainkan gasing. Iya, menceritakan tentang sekelompok anak yang hobinya bertarung dengan menggunakan gasing-gasing yang canggih serta punya kekuatan tertentu. Bahkan karena kartun ini, dulu ramai anak-anak yang bermain beyblade. Pulang sekolah, langsung ke arena pertarungan yang bentuknya seperti wajan penggorengan. Pulang dari arena pertarungan ada yang rusak beybladenya, maka beli lagi yang baru, dan bermain lagi, rusak lagi, beli lagi, dan begitu seterusnya. Kacau waktu itu.

Crush Gear (INDOSIAR)



Tak beda jauh dengan beyblade. Ini kartun juga "keras". Sekali lagi, bukan pertarungan manusia maupun hewan, tapi bukan juga tentang gasing. Kali ini pertarungan itu tersaji di mobil-mobil kecil. Sekelompok anak yang gemar bermain mobil-mobil kecil, dan telah dimodifikasi sedemikian bentuk dan rupanya, hingga mampu membuat rusak lawan-lawan mereka. Dan tak ketinggalan, mobil-mobil kecil mereka juga punya jurus andalan masing-masing. Dan kejadian serupa terjadi, anak-anak pada masa itu sering sekali bermain crush gear ini. Kasusnya juga sama, pualng sekolah, bermain crush gear, rusak, beli lagi, main lagi, rusak lagi, beli lagi, main lagi. Begitu seterusnya hingga crush gear itu hilang dimakan zaman.

P-Man (RCTI)



Kali ini mengenai superhero atau pahlawan. P-Man namanya. Dengan tokoh utama Mitsuo Suwa (P-Man), yang punya tujuan untuk melindungi dunia ini. Sungguh mulia apa yang dikerjakan P-Man ini. Tapi tak sendiri ia mengerjakan tujuan itu, ditemani oleh Bobby seekor simpanse yang cerdas namun tak bisa berbicara bahasa manusia, Sumire Hoshino seorang P-Girl yang sering membantu P-Man, Hozen Oyama juga sering bantu P-Man, juga ada Michiko yang dicintai oleh Sumire. Sekilas bila kita cermati P-Man ini, mirip dengan kartun dari Jepang lainnya, Doraemon. Apa yang mirip? Coba cari tahu sendiri.

Ninja Hattori (RCTI)




Kartun yang mengambil jalan cerita tentang ninja, ciri khas dari Jepang. Seorang anak bernama Kenichi Mitsuba yang berteman baik dengan seorang ninja, Kanzo Hattori. Mereka berdua saling melengkapi, atau bisa dibilang Hattori yang melengkapi hidup Kenichi. Ada juga yang bernama Kimimaki, anak kecil yang sering jahil terhadap Kenichi. Hattori juga punyai adik, Shinzo Hattori, atau akrab dipanggil Shin-chan. Dan ada juga pemain wanita nya disini, yaitu Yumeko Kawai, wanita yang diidamkan oleh Kenichi. Perjalanan cerita mereka seru, jahil, heboh, dan lucu. Dan sekali lagi, kalau kita perhatikan dengan seksama kartun ini, punya kemiripan juga dengan Doraemon. Entah itu Ninja Hattori yang mengikuti Doraemon, atau sebaliknya, Doraemon yang mem follow Ninja Hattori. Entalah.

Yu-Gi-Oh (RCTI)


Dan kartun terakhir itu adalah Yu-Gi-Oh. Mengkisahkan tentang petualangan seorang anak laki-laki, Yugi Mutou namanya. Awal petualangannya adalah saat si Yugi menerima hadiah dari kakeknya, yaitu sebuah kotak yang berisi kepingan-kepingan puzzle antik nan kuno, disebut dengan Millenium Puzzle. Benda itu bisa merubah wujud Yugi, menjadi seorang yang lain, biasa disebut dengan nama Yami Yugi. Petualangannya juga ditemani oleh Anzu Mazaki, Jounouchi, dan Honda. Kartun ini menyajikan duel kartu dari si pemainnya. Sesaat kartu itu ditaruh ke dalam arena, maka akan keluar monster-monster yang seperti di kartu tersebut. Lawan tangguh Yugi juga datang dari teman sekelasnya, Seto Kaiba. Yang sangat terobsesi dengan permainan kartu ini. Kartun ini sempat terkenal di kalangan anak-anak saat itu. Hingga selepas sekolah, anak-anak mulai memainkan kartu tersebut, dan pertarungan dimulai. Tapi tenang, kartu yang dimainkan tidak akan mengeluarkan monster seperti di kartunnya. Bisa repot urusan kalo keluar monsternya.

Itu tadi adalah kartun-kartun yang pernah menghiasi hari minggu anak-anak pada saat itu. Masih banyak sebenarnya kartun-kartun zaman dulu yang pernah menghidupkan keceriaan anak-anak. Tidak hanya di hari minggu saja, melainkan juga hari-hari lainnya.

Hingga tak terasa, perlahan dengan pasti kartun-kartun tersebut sudah tak hadir lagi kini. Diganti dengan kartun-kartun yang kekiniaan. Bukan berarti kartun-kartun saat ini punya kualitas buruk dibandingkan dengan kartun-kartun diatas tadi, tapi entah mengapa kartu-kartun yang telah disebutkan tadi selalu melekat dan menjadi kenangan bagi hidup anak-anak saat itu, yang kini telah tumbuh remaja dan dewasa.

Jadi, tertarik untuk menonton mereka lagi?

Fariz Anshar

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

1 komentar: