Pages

KEEP CALM AND THE POWER OF KEPEPET

Manusia itu unik. Iya, tentu saja yang unik itu kita sendiri. Hal-hal unik yang dilakukan oleh manusia juga dikarenakan karena kita memiliki pikiran ataupun akal. Keunikan yang dibuat oleh kita tentunya sangat beragam, entah itu tindakan, gaya, tutur kata, tingkah laku, dan masih banyak lagi.Dan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu keunikan yang kita miliki sebagai manusia. Keunikan itu terjadi hanya pada saat momen-momen tertentu saja. Kepepet, adalah keunikan yang dimaksud disini.

Di situasi dan kondisi terdesak sekalipun, kita sebagai manusia terkadang tanpa sadar menjadi sesuatu yang luar biasa. Memang tak seluar biasa superman yang bisa mengeluarkan sinar laser, ataupun bisa terbang dengan mudahnya. Tapi setidaknya memberikan kita sensasi yang berbeda dari sebelumnya. Mungkin saja bisa lari lebih cepat dari biasanya, atau melompat lebih tinggi (terdengar seperti judul lagu). Dan hal semacam itu hanya terjadi saat diri kita merasa kepepet.

Ingin tahu apa saja keunikan yang bisa kita miliki pabila dalam keadaan kepepet? Berikut jawabannya.

Melompat Lebih Tinggi

via www.jalan-kehidupan.blogspot.com

Di situasi dan kondisi yang tak memungkinkan, dalam hal ini terdesak dan kepepet, seseorang tentunya akan berani melakukan apa saja untuk menyelamatkan dirinya dari ancaman bahaya, dan itu bisa saja dengan cara melompat atau melewati rintangan yang ada di depan. Contoh mudahnya ialah saat kita dikejar seekor anjing, dan menurut kita itu sangat bahaya sekali, namun untuk menyelamatkan diri, kita harus melompati tembok yang tingginya dua atau tiga, atau bahkan empat meter. Lalu apa yang kita lakukan? Tanpa pikir panjang lagi, langsung saja kita lompati tembok tersebut. Padahal dalam keadaan normal, hal seperti tadi akan dipikir beberapa kali oleh kita, dengan mempertimbangan resiko dan sebagainya.

Lari Lebih Cepat

via www.kaskus.co.id

Mungkin bagi yang merasa masih kurang cepat dalam berlari bisa melakukan hal ini. Iya, dalam keadaan kepepet seperti dikejar anjing yang begitu cepat sekali dalam berlari, kita sebagai manusia akan mengeluarkan dorongan adrenalin yang pada intinya mempercepat lari. Tujuannya supaya kita selamat dari kejaran anjing tersebut, maka kita harus berlari lebih cepat darinya. Padahal kalau kita pikir-pikir lagi, dalam keadaan normal mungkin kita tak bisa secepat itu dalam berlari.

Intelektual Di Detik-detik Akhir

via  www.covesia.com

Sadarkah kita dengan cepat menjadi seorang yang begitu pintar dan tangkas, hingga semua soal-soal yang ada di hadapan terlihat begitu mudah di detik-detik akhir? Mungkin tidak sadar. Kalau itu hal seperti itu pernah melanda anda, berarti anda sedang dalam keadaan kepepet, dan kemudian muncul lah kekuatan dari si kepepet tersebut. Kasus seperti tadi sering ditemui di kalangan pelajar juga mahasiswa/I, dan terlebih lagi saat mereka tengah mengerjakan ujian. Keunikan seperti tadi bisa terjadi lantaran secara tidak sadar kita memaksa otak untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Dan hasilnya, bisa mendapatkan kejeniusan, meski pun hanya sesaat. Tapi jangan sampai, karena ingin mendapatkan kejeniusan tadi, kita sampai harus membuat otak bekerja keras, karena ditakutkan terjadi arus pendek di dalamnya.

Beban Berat pun Bisa Terangkat

via kartun.inilah.com

Demi menyelamatkan diri sendiri atau menolong orang yang sedang dalam keadaan bahaya, “kekuatan” ini pun muncul. Hal itu bisa terjadi dikarenakan adrenalin yang membanjiri tubuh adalah penyebab terjadinya dorongan ekstra ke otot-otot, hingga akhirnya memungkinkan seseorang untuk menjadi lebih kuat (walau tak sekuat hulk tentunya) saat kepepet.

Sudah tahu kan apa saja keunikan dari hal yang bernama kepepet itu? Tapi mungkin itu baru beberapa saja, karena banyak sekali di dunia yang memiliki cara tersendiri saat dirinya sedang kepepet. Akhir kata, pesan moralnya adalah, jangan gunakan kekuatan dari kepepet ini untuk hal-hal yang tidak terpuji. Karena itu bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Fariz Anshar

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

1 komentar: