Pages

KELILING DUNIA SEMBARI MENENGOK PETANDA

Pernah memainkan monopoli? Mungkin sudah ada yang pernah memainkannya, atau melihatnya saja. Permainan monopoli yang bisa membuat pemainnya seolah-olah berkeliling dunia ini sangat menarik. Membeli satu negara, membayar denda karena telah terkena di negara musuh, dan sebagainya adalah hal yang sangat seru pada waktu itu, bahkan mungkin hingga kini. Tapi taukah kita, bahwa di tiap negara yang tertera di permainan tersebut punya gambar yang berbeda dan berciri khas. Iya, gambar-gambar tersebut adalah landmark dari negara tersebut. Jadi, kali ini bahasannya bukan tentang monopoli dan sebagainya, melainkan mengenai landmark dari tiap negara.

Landmark tiap negara tentu saja berbeda. Ada yang berupa gedung, bangunan, dan sebagainya. Tentu saja dengan kehadiran landmark bisa menambah keindahan dari negara tersebut. Sekaligus menjadi daya tarik tersendiri, karena punya nilai sejarah di dalamnya. Didukung pula dengan desain-desain yang unik, yang mungkin untuk menunjukan jati diri negara tersebut.

Penasaran landmark negara mana saja yang akan dibahas kali ini? Jadi langsung saja simak berikut ulasannya.
Patung Liberty, New York, Amerika Serikat

via asadmaulana.blogspot.com

Statue of Liberty dalam bahasa merekanya. Adalah patung raksasa, letaknya di Pulau Liberty. Dulu kala, patung ini adalah hadiah dari Perancis untuk Amerika Serikat di abad ke-19. Patung yang berwarna perunggu ini diresmikan 28 Oktober 1886. Frederic Auguste Bartholdi adalah seseorang pemahat patung yang merancang struktur patung tersebut, beliau ditemani oleh Gustave Eiffel yang merupakan desainer Menara Eiffel. Patung Liberty ini melambangkan selamat datang kepada pengunjung.
Menara Eiffel, Paris, Perancis

via konstelasi.com

Berdasarkan wikipedia, dalam Bahasa Perancisnya disebut Tour Eiffel. Merupakan menara besi, dibuat di Champ de Mars tepi Sungai Seine, Paris. Seperti yang disinggung di atas tadi, bahwa Menara Eiffel ini diambil dari nama perancangnya, Gustave Eiffel. Menara Eiffel disebut sebagai menara atau bangunan tertinggi di Paris. Menara tersebut kini sudah banyak sekali dikunjungi oleh berbagai macam orang, baik tua muda, jauh dekat, dan sebagainya. Alasan mudahnya adalah karena menara tersebut terkenal akan keindahannya, terlebih di malam hari, katanya.

Big Ben, London, Inggris

via commons.wikimedia.org

Mungkin bagi yang belum pernah dengar sedikit aneh, terlebih lagi landmark yang telah disebutkan sebelumnya tertera nama patung dan menara. Ini bukanlah nama seseorang yang tinggal di London, melainkan adalah sebuah jam. Lantas apa istimewanya? Jadi Big Ben ini adalah menara jam yang ada di Gedung Parlemen di Westminster, London, Inggris. Konon katanya, ini adalah jam terbesar kedua di dunia, setelah siapa? cari tahu sendiri, biar seru. Jam ini amat terkenal akan ketepatannya dalam menunjukan waktu. Namun layaknya sebuah jam pada umumnya, Big Ben pun pernah rusak.
Koloseum, Roma, Italia

via bantuingueblok.blogspot.com

Colosseum nama aslinya. Yaitu peninggalan yang sangat bersejarah, dimana dulu kala itu merupakan arena gladiator. Adalah Vespasian yang membuat bangunan tersebut. Berbentuk seperti elips dan tentu saja amat besar sekali, hingga mampu menampung 50.000 penonton pertarungan gladiator.
Menara Pisa, Pisa, Italia

via www.apakabardunia.com

Selain Colosseum tadi, tak lengkap rasanya bila kita tak menengok juga temannya. Torre pendenti de Pisa adalah naman italianya. Adalah sebuah menara lonceng katedral di kota Pisa, Italia. Yang unik dari menara ini adalah tidak berdiri tegak lurus, melainkan miring. Awalnya, menara ini dibuat agar vertikal seperti menara pada umumnya, namun apa daya justru menjadi miring. Tapi karena miring itulah mejadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang melihatnya.
Patung Kristus Penebus, Rio de Janeiro, Brasil

via thephenomena.wordpress.com

Adalah Patung Kristus terbesar dengan gaya arsitektur Art Deco. Patung tersebut memiliki tinggi 38 meter, dan terletak di puncak dari Gunung Corcovado, serta menghadap ke perkotaan. Patung ini menjadi simbol umat kristen sekaligus kebanggan masyarakat setempat. Cristo Redentor adalah nama lain dari patung tersebut.
Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab

via 7wonderstourism.com

Setelah dari Eropa dan Amerika, ada baiknya kalau kita juga berjumpa bangunan lainnya di Timur Tengah. Burj Khalifa atau sebelumnya Burj Dubai namanya. Adalah sebuah gedung di Dubai, Uni Emirat Arab yang telah diresmikan pada 4 Januari 2010 lalu. Gedung ini baru yang disebut sebagai gedung yang memang benar-benar sebagai pencakar langit, karena ketinggiannya adalah 828 meter. Maka ia ditasbihkan sebagai bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia.
Sydney Opera House, Sydney, Australia

via www.worldtravelguide.net

Gedung Opera Sydney ini berada di Sydney, Australia, dimana merupakan salah satu banguna di abad ke-20 yang terunik. Karena kenapa? Tengok saja desain dari bengunan tersebut, bentuknya mirip seperti cangkang. Tak pelak, gedung ini banyak dikunjungi pelancong yang ingin menikmati keindahan. Gedung ini juga dipakai untuk pertunjukan seni, semisal teater, balet, dan sebagainya.
Menara Kembar Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia

via aspensi.com

Ini juga merupakan ikon dari dari Malaysia. Menara Kembar Petronas atau dalam Bahasa Malaysia adalah Menara Berkembar Petronas ini adalah sepasang menara yang kembar. Dulu, menara ini diklaim sebagai tertinggi di dunia di tahun 1998 - 2004. Ditengah dua menara tersebut, terdapat jembatan yang menghubungkannya. Jadi selalu erat dan setia menara tersebut. Karena keunikan itulah banyak yang datang ke Malaysia untuk bisa berfoto bersamanya.
Merlion, Singapura

via www.yoursingapore.com

Singa Laut, begitulah kira-kira rupanya bila kita meliat Merlion. Yaitu patung berkepala singa, namun badannya menyerupai ikan. Karena kepala singa dan badan ikan, makanya namannya merupakan gabungan dari ikan duyung dan singa. Fraser Bunner adalah orang hebat yang merancang patung tersebut. Tinggi patung tersebut 8,6 meter dengan berat 70 ton. Patung yang dibuat untuk pariwisata tersebut kini telah menjadi ikon dari Singapura.
Monumen Nasional, Jakarta, Indonesia

via ginigitu.info
 
via www.1001malam.com
Setelah keliling dunia, maka tak indah rasanya bila kita tidak menceritakan pada dunia landmark dari Indonesia. Sebetulnya sangat banyak bangunan yang bisa disebut landmark Indonesia, tapi untuk mewakilinya, kita sebut saja Monumen Nasional. Lebih populer dengan singkatan Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter, tujuan didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan Rakyat Indonesia di masa penjajahan. Diatas tugu ini terdapat lidah api yang dilapisi dengan emas sebagai simbol perjuangan yang berapi-api. Mulai dibagun di era Preseiden Soekarno, 17 Agustus 1961. Dan selesai di tanggal 12 Juli 1975, serta dibuka untuk umum juga pada saat itu. Dari atas puncak, kita bisa melihat keindahan Ibu Kota Negara tercinta ini. Memang tak setinggi Burj Khalifa, tak seindah Menara Eiffel, tak seunik Menara Pisa, tak serupa Menara Kembar Petronas, tak segagah Patung Liberty, tak secanggih Big Ben, tak sekeras Colosseum, tak sehebat Patung Kristus Penebus, tak seelok Sydney Opera House, dan tak seajaib Merlion, namun bagi bangsa ini, Monumen Nasional sudah lebih dari cukup untuk bisa mengangkat derajat dan martabat bangsa ini. Perwakilan seluruh bangsa ini yang telah berjuang untuk tanah air tercinta, jadi tak perlu malu dan pemalu, karena Indonesia Itu Rumah Kita Sendiri.


Sebetulnya masih banyak lagi landmark yang bersejarah lainnya dari berbagai negara, namun apa daya karena yang mengetik ini cuma manusia biasa, yang punya tenaga terbatas serta aktifitas lainnya. Jadi bukan bermaksud mengucilkan yang lain, karena pada dasarnya landmark dibuat untuk bangsa dan negara, dan semua itu indah.

Fariz Anshar

Perkenalkan, saya Fariz Anshar. Pria yang mencintai sepakbola dan penggemar sejati Manchester United. Dan Lenga Indonesia merupakan cara saya untuk menyalurkan kecintaan saya yang lain, yaitu menulis. Terima kasih sudah berkunjung.

4 komentar:

  1. kapan ya bisa keliling dunia :D berkunjung ke tempat-tempat yang keren kayak disini :D

    BalasHapus
  2. Mengapa harus keliling dunia mas? Hehehe. Terima kasih loh mas sudah kunjung lagi, ditunggu komentar selanjutnya di artikel yang lain.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus